Motherboard terbaru dengan Sata 3.0

Sebagaimana yang kita ketahui, SATA-IO baru saja mengembangkan standar untuk SATA 3.0 yang memberikan peningkatan terhadap kecepatan transfer rate pada harddisk dalam berkomunikasi, lalu kini beberapa vendor motherboard baru baru ini telah merelease beberapa produk motherboard baru mereka dengan dukungan interface ini.

Asus P6X58 dengan Sata 3.0 dan USB 3.0Asus P6X58 dengan Sata 3.0 dan USB 3.0

ASUS kabarnya akan menjadi the first motherboard yang akan mendukung teknologi storage interface SATA 6Gbps ini. Dibandingkan dengan SATA II (3Gbps) interface standard SATA terbaru ini secara teoritis memiliki kecepatan transfer yang lebih cepat hingga 2x lipat, sehingga ini memungkinkan bagi storage untuk mencapai tingkat performance yang lebih tinggi. ASUS P6X58 dikabarkan akan menjadi produk yang pertama untuk men support interface terbaru ini, tidak lupa, motherboard ini juga telah menggunakan USB 3.0. Namun sebagai pionir dari USB 3.0 controller terdapat kelemahan pada SATA 6Gbps.

Controller SATA 6Gbps pertama yang digunakan oleh ASUS adalah buatan dari Silicon Image menurut rumornya controller ini mendapat bottleneck. Sama seperti yang NEC lakukan saat membuat expansion card untuk USB 3.0 interface secara tidak langsung ini akan mengurangi kecepatan SATA chip yang terhubung melalui PCI-Express x1.

Untuk sementara ini EVGA menahan status bug ini mengingat belum banyaknya unit harddisk yang menggunakan SATA 6Gbps.Ini berarti SATA 6Gbps controller memiliki kecepatan transfer yang terbatas, hanya mampu mencapai hingga 250MB/s, yang berarti kecepatan transfer nya menurun menjadi SATA 3Gbps. Menurut EVGA selaku pembuat chips memutuskan untuk mem postpone SATA interface baru ini dikarenakan storage units yang menggunakan SATA 6Gbps belum banyak beredar.

Gigabyte

Interface baru gigabyte dengan e-sata baruInterface baru gigabyte dengan e-sata baru

Gigabyte juga tampaknya serius dan antusias dengan kedatangan platform intel Core i5 terbarunya. Dikabarkan kalau Gigabyte GA-P55-UD5 akan memiliki beberapa fitur terbaru diantaranya SATA III (6Gbps) dengan mengkombinasikan SATA II/III chip dari Marvell, dan sebuah versi terbaru dari eSATA interface dimana didalam versi terbaru ini sudah memiliki power yang lasung dari eSATA connector dan ini mengilimasi extra USB port untuk penggunaan power.